PEKANBARU - Ratusan guru honor komite sekolah negeri se-Pekanbaru, Riau, Senin (2/5/2016) siang, melakukan unjuk rasa di Kantor Walikota. Mereka menuntut janji Walikota, Firdaus ST MT yang katanya akan mengangkat mereka menjadi guru tidak tetap (GTT).

Mereka datang dengan membawa berbagai macam spanduk tuntutan dan berorasi di depan gerbang Kantor Walikota Pekanbaru. Mereka menuntut janji Walikota terkait pengangkatan menjadi guru tidak tetap (GTT). "Mana janjinya, kami tidak minta muluk-muluk," ujar Muslim, salah seorang guru honor.

"Kami hanya ingin diangkat jadi guru GTT. Kami tidak minta diangkat jadi PNS. Kami sadar sudah berumur," sambung dia yang spontan mendapat tepukan tangan dari ratusan massa lainnya. "Sejak tahun 2005 silam perjuangan pengangkatan tersebut kami lakukan, dan sampai sekarang belum terealisasi," beber dia.

Massa menuntut janji Walikota yang sebelumnya dilontarkan saat pertemuan di DPRD Kota Pekanbaru dan di kediaman Walikota beberapa waktu lalu. "Walikota sudah berjanji. Sampai sekarang tidak ada kejelasan," kata Muslim. 

Menurut dia, ada sekitar 1.300 orang guru honor komite yang punya nasib serupa, yaitu menunggu kepastikan pengangkatan Guru Tidak Tetap. "Saat kampanye dulu juga dijanjikan. sebab itu kami minta realisasinya," singkat dia. 

Unjuk rasa tersebut dilakukan persis saat hari pendidikan nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini. Unjuk rasa itu juga dikawal oleh puluhan petugas polisi. ***