PEKANBARU, GORIAU.COM - Pesawat Hercules C-130 yang dioperatori oleh TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A1310, yang jatuh di Medan Sumatera Utara (Sumut), Selasa (30/6/2015) siang, ternyata ditumpangi 10 orang anggota Pashkas TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Ini dibenarkan Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Kapten Sus Rizwar, saat diwawancarai GoRiau.com. "Benar, mereka ini mendapat tugas jaga ke Tanjung Pinang Kepri. Mereka adalah anggota Paskhas Lanud Roesmin Nurjadin," bebernya.

Menurut Kapentak, pesawat naas itu, difungsikan untuk mengantar logistik rutin, dengan rute Jakarta-Pekanbaru-Dumai-Medan-Tanjung Pinang-Ranai dan Pontianak. "Namun pesawat ini singgah ke Lanud Roesmin, untuk membawa 10 anggota ini untuk aplusan ke Tanjung Pinang," tukasnya.

Dari Lanud Roesmin, pesawat Hercules itu take off sekitar pukul 09.30 WIB, Selasa pagi. Kemudian Hercules menuju Lanud Suwondo Medan untuk singgah sebentar, dan kembali take off sekitar pukul 11.48 WIB, dengan rute Tanjung Pinang. Disinilah kemudian pesawat kebanggaan Indonesia ini jatuh dan menimpa ruko serta tiga unit rumah. (had)