PEKANBARU, GORIAU.COM - Judo masuk dalam daftar cabang yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja Jawa Timur, November 2014. Riau sendiri menyiapkan 6 petarung judo terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal pada multiiven yang pertama kali dilaksanakan ini.

Para petarung diambil dari program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dispora Riau dan binaan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Riau.

Meski belum menetapkan para petarung yang akan berlaku, namun Pengprov Riau PJSI Riau sudah menetapkan 6 kelas yang akan diikuti Riau pada PON Remaja ini. Diantaranya 3 kelas putra yang terdiri dari -55 kg, -66 kg dan -81 kg. Kemudian 3 kelas putri yakni -44 kg, -52 kg dan -63 kg.

Namun keenam nomor tersebut belum bisa dipastikan mewakili Riau di PON Remaja. Dikarenakan judo sudah ditetapkan menjadi salah satu cabang yang harus menjalani kualifikasi.

Artinya, akan ada kejuaraan judo nantinya sebagai seleksi atlet yang akan lolos ke PON Remaja. Margas Chan, Pelatih Kepala Cabang Judo Riau di PON Remaja, mengatakan, petarung yang disiapkan merupakan peraih medali di kejurnas beberapa waktu lalu.

"Kita tentu tidak ingin membuang kesempatan ini. PON Remaja merupakan multiiven pertama yang dilaksanakan, kita harus lolos sebagai peserta murni," kata Margas saat ditemui pada acara buka bersama KONI Riau dengan pengurus cabor dan atlet di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Riau, Jumat (11/7/2014).

Lantas siapa saja atlet yang akan dipercayakan untuk mengisi 6 kelas yang disediakan tersebut? Dijelaskan Margas Chan, saat ini jajaran pelatih masih melakukan penguatan dan evaluasi terhadap beberapa atlet.

Namun 4 nama cukup diprioritaskan, karena mereka menjadi penyumbang medali bagi Bumi Lancang Kuning pada kejurnas beberapa waktu lalu. Diantaranya Aprianto peraih perak (-81 kg), Alpi peraih perunggu (-66 kg), Anisa peraih perunggu (-63 kg) dan Dinda peraih perak (-52 kg).***