RENGAT,GORIAU.COM - Tidak lama lagi, iven pacu jalur tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kota Jalur Teluk Kuantan, tepatnya di Tepian Narosa Kabupaten Kuantan Singingi, Riau akan dimulai. Saat ini, para peserta atau pengurus cabang olahraga dayung tengah sibuk melakukan pembenahan dan persiapan, baik persiapan jalur yang akan diturunkan maupun persiapan atlit.

Seperti yang dilakukan para pengurus Jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam, Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ini. "Kami siap untuk mengikuti dan mengharumkan nama Kabupaten Inhu pada iven pacu jalur yang akan dilaksanakan di Tepian Narosa Teluk Kuantan nanti", ujar Ketua Umum Jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam, Edi Suparman kepada Goriau.Com, Senin (3/8/2015) di Pematang Reba.

Untuk mencapai kemenangan pada iven yang sudah berumur I (satu) abad itu, saat ini pengurus Jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam tengah menyiapkan berbagai persiapan untuk tampil nanti, terutama kesiapan dan kesehatan serta stamina atlit, sebut Edi Suparman yang juga Kepala Desa Redang itu.

Edi menjelaskan, jalur yang dibinanya itu merupakan peraih juara pada pacu jalur rayon pertama yang digelar di Kecamatan Batang Peranap beberapa waktu lalu. Dengan demikian, dirinya yakin bahwa, jalur binaannya itu tidak akan ketinggalan dalam bersaing dengan jalur tuan rumah asal Teluk Kuantan pada iven bergengsi tersebut.

"Maka dari itu, untuk bisa meraih mimpi tersebut, selain mempersiapkan stamina dan kesehatan, saat ini para atlit masih terus melakukan latihan rutin, minimal tiga kali dalam sepekan guna mematangkan diri saat menghadapi lawan tanding nanti. Putri Bungsu Dubalang Hitam ini nantinya akan turun dengan 46 pendayung, 1 juru buang dan 2 anak joki, total keseluruhan 49 orang", pungkas Edi.(jef)