SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kejuaraan balap sepeda BMX tingkat Asia yang diselenggarakan 7-9 November nanti di Kabupaten Siak menarik perhatian para pebalap dari negara-negara di Asia. Timor Leste merupakan negara terakhir yang menyatakan kesiapan untuk mengikuti kejuaraan bergengsi balap sepeda BMX ini, sehingga tercatat 13 negara yang ikut, termasuk tuan rumah Indonesia.

"Kemaren Timor Leste sudah menyatakan kesiapan ikut kejuaraan BMX ini. Siak pantas berbangga karena ditunjuk menggelar iven bergengsi yang diikuti 13 negara di Asia," kata Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, usai memimpin rapat sinkronisasi penyelenggara pemerintah daerah Kabupaten Siak di Queenstar Water Park Siak, Kamis (30/10/14) malam.

Dikatakan Bupati, selain merupakan kejuaraan resmi di bawah naungan UCI, kejuaraan BMX Asia yang dilaksanakan di Siak, merupakan ajang kualifikasi bagi semua atlet untuk mengikuti kejuaraan Olimpiade tahun 2016 di Brazil.

"Bagi pebalap yang berprestasi di kejuaraan BMX ini akan meraih poin dari UCI, sekaligus kualifikasi untuk kejuaraan BMX pada Olimpiade tahun 2016 di Brazil. Begitu juga pebalap Indonesia, ini kesempatan bagi mereka untuk meraih poin agar dapat mengikuti Olimpiade," jelas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan kepada tim kesehatan yang dipimpin dr Tonny Chandra agar terus bersiaga selama pertandingan berlangsung.

"Ini penting, kita tak ingin kejadian di Lubuk Lingau terulang di Siak, hanya gara-gara lambat penangganan medis, satu orang pebalap meninggal dunia," ujar Bupati.

Ketua Harian ISSI Siak Irving Kahar menambahkan, sekitar tanggal 5 November nanti, pebalap dari 13 negara mulai datang ke Siak. Pihak panitia lokal sudah menyiapkan semua kebutuhan mereka selama di Siak, termasuk penginapan. Adapun 13 negara yang ikut kejuaraan BMX Asia itu, diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea, Kazakhtan, Cina, Hongkong, Filipina, Myanmar, Vietnam dan Timor Leste.

"Masing-masing negara memiliki satu tim dengan jumlah maksimal 16 pebalap. Kejuaraan BMX Asia ini dibagi empat kelas, yakni junior putra-putri dan elit putra-putri. Masing-masing kategori memiliki empat pebalap," jelas Kadis PU Kimpraswil Siak ini.(nal)