PEKANBARU, GORIAU.COM - Tim Silat Provinsi Riau memastikan diri keluar sebagai juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) pada pertandingan yang berlangsung di GOR Utama, Kota Baru, Jambi, 17-19 November 2014.

Anak asuhan Acep Solihin berhasil mengamankan 5 medali emas, 4 perak dan 8 perunggu. Hasil tersebut memastikan target yang dicanangkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau tercapai.

Sementara posisi kedua dihuni Kepulauan Riau dengan raihan 4 medali emas, 4 perak dan 2 perunggu. Sementara posisi ketiga disusul Sumatara Utara dengan raihan 4 medali emas, 2 perak dan 9 perunggu.

"Alhamdulillah, secara keseluruhan kita berhasil mencapai target. Raihan 5 medali emas sekaligus menempatkan kita keluar sebagai juara umum pada Popwil tahun ini," terang Pelatih Kepala Silat Riau, Acep Solihin, Rabu (19/11/2014).

Dikatakannya, melihat hasil dari Popwil ini, kekuatan Pencak Silat sudah mulai merata. Karena terlihat dari perolehan medali masing-masing daerah.

"Yang jelas kekuatan saat ini merata. Kita bisa lihat dari perolehan medali, terbagi rata. Wasit juga berperan penting, karena tidak ada berat sebelah yang begitu kuat," kata Acep.

Kelima medali emas Riau masing-masing disumbangkan Agus Fadilah Umar (Kelas B) usai menumbangkan pesilat asal Kepulauan Riau. Kemudian Yuda Mehandri (Kelas C) juga menumbangkan pesilat asal Kepulauan Riau.

Emas ketiga Riau diamankan Rizki Rido (Kelas H) melawan Sumatera Utara. Selanjutnya nomor Ramzan (Tunggal Putra) dan terakhir Krisna (Tunggal Putri).

Sementara 4 medali perak Riau disumbangkan Warisan Harisa (Kelas E) setelah kalah atas pesilat dari Bangka Belitung. Kemudian M Wahyudi (Kelas F) ditumbangkan Sumatera Utara. Afdol (Kelas G) dikalahkan pesilat Sumatera Utara dan Holoan (Kelas I) dikalahkan Bangka Belitung.

Kemudian 8 medali perak masing-masing disumbangkan Ahmad Afrizal (Kelas A), Nrfadilah (Kelas A), Rohadayatul Aisi (Kelas B), Nabila Kahernas (Kelas E), Eiliawati Ilias (Kelas F), Murni Safitri (Kelas H), Ganda Putra (Syamsul Hadi, Irfansyah) dan Ganda Putri (Yunita Sarah, Lusi Yuliat).***