PEKANBARU, GORIAU.COM - Tiga pemain Indonesia Super Liga (ISL) asal Riau yakni Isnaini, Danil Junaidi dan April Hadi memberikan pelatihan singkat (coaching clinic) kepada ratusan pemain sepakbola dari Sekolah Sepakbola Pekanbaru City (PCSS) di Lapangan Batteray P, Jl H.R. Soebrantas, Pekanbaru, Ahad (14/12/2014) pagi. Kegiatan ini sekaligus memperingati HUT I PCSS yang jatuh pada hari ini.

''Kita berterima kasih atas kehadiran saudara Isnaini, April Hadi dan Danil Junaidi. Sebenarnya ada satu lagi yakni saudara Ambrizal, tapi beliau mendadak ke Jakarta karena harus mengikuti latihan lagi di klubnya,'' kata Miskardi, pemilik PCSS dalam sambutan pengantarnya.

Selanjutnya Miskardi memberikan kesempatan kepada tiga pemain profesional itu untuk memberikan motivasi kepada pemain pemula PCSS. ''Adik-adik harus bersyukur karena dilatih oleh pelatih yang profesional dan diakui seperti Miskardi,'' kata Isnaini.

Miskardi memang mantan pemain PSPS yang kini jadi pelatih andal Riau. Kini anak kelahiran Kari, Talukkuantan, ini melatih tim sepakbola PPLP Riau yang baru saja menjuarai POPNAS Wilayah Sumatera di Palembang. Miskardi mendirikan PCSS setahun lalu di Pekanbaru.

Isnaini yang kini bermain di Persepam Madura meminta adik-adik PCSS untuk serius laitihan agar bisa menjadi pemain profesional seperti mereka. ''Dalam berlatih harus fokus dan konsentrasi. Adik-adik harus fokus kepada yang diberikan pelatih. Harus diperhatikan, fokus dan konsentrasi,'' ujarnya.

Danil yang kini bermain di PSPS menekankan pada disiplin. Karena disiplinlah yang akan mengantarkan kita menjadi pemain profesional. ''Abang dulu ketika balik dari Medan, tak ada kegiatan latihann maka abang latihan sendiri,'' ujar mantan pemain nasional U-15 yang tiga tahun di Medan.

April Hadi yang kini bermain di Persija menekankan pada tekad. Tanpa punya tekad yang kuat mustahil kita menjadi pemain profesional. ''Abang dulu punya tekad, kenapa orang lain bisa, kita tidak,'' katanya. Alhasil, April berhasil jadi pemain nasional dan pergi bermain ke mana-mana, termasuk ke luar negeri.

Mereka bertiga mengucapkan terima kasih kepada Miskardi, teman sejawat yang telah memberikan kesempatan bertemu dan latihan dengan adik-adik PCSS. ''Semoga adik adik bisa sukses dan mengikuti jejak kami,'' kata Isnaini penuh harap. (fjw)