LIRIK, GORIAU.COM - –Pertandingan cabang olahraga catur beregu putra pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau, Kamis (23/10) mulai memasuki round 9. Sementara itu, hingga round 8, tim catur dari Bengkalis baru mengumpulkan 18 poin dan berada di urutan 4.

Nilai ini diperoleh dari kemenangan atas Kuansing (4 : 1), Kampar (5:0), Inhu (4:1), Siak (3 1/2 : 1 1/2), Rohil (4 1/2 : 1/2), dan Meranti (4 : 1).  Sementara melawan Pekanbaru pada round 6 Bengkalis kalah 2 : 3, dan melawan Pelalawan pada round 7 kalah 1 1/2 : 3 1/2).  Berada diurutan teratas hingga round 8, tim dari Pelalawan dengan nilai 22, menguntit diurutan kedua Pekanbaru dengan nilai sama 22, dan peringkat tiga Inhil dengan nilai 21. Perubahan peringkat masih memungkinkan karena pertandingan masih berlanjut.

Berbeda dengan beregu putra, untuk beregu putri dipastikan Bengkalis tidak akan mendapatkan medali karena hingga round 8,  berada pada peringkat 7 dengan poin 6. Peringkat pertama kembali diraih oleh tim Pelalawan dengan poin 21, menyusul Siak dengan poin 18 dan Pekanbaru dengan poin 13.

Koordinator Cabor Catur Kabupaten Bengkalis, Ali Anas saat dihubungi mengatakan, untuk pertandingan catur beregu putra, ada enam emas yang diperebutkan. Enam emas ini terdiri dari satu emas untuk juara beregu, dan lima emas untuk juara masing-masing papan.

''Kemungkinan emas bisa kita raih dari papan 3 dan papan 4 atas nama John Roy  dan H Ardiansyah,'' ujarnya seraya menambahkan kalau untuk putri, kemungkinan hanya bisa meraih perunggu atas nama Miftahul pada papan 4.

Pada papan 3 beregu putra, hingga round 8 MN John Roy berada pada peringkat 2 dibawah MN Taufik Abham dari Inhil. Sementara pada papan 4, GM H Ardiansyah berada pada peringkat 1 dan dibayangi MN Nelson Roganda dari Pekanbaru.(jfk)