PEKANBARU - Jumlah atlet Riau yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016 mencapai 350 atlet. Diantara penambahan atlet yang lolos tersebut merupakan dari hasil prestasi pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bangka Belitung beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Riau Emrizal Pakis saat ditemui GoRiau.com di ruang kerjanya, Selasa (01/12/2015) siang. "Awalnya kita hanya memprediksi sekitar 150 atlet saja yang lolos, namun diluar dugaan ternyata jumlah atlet Riau yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016 melonjak sekitar 350 atlet," ungkapnya.

Jumlah atlet yang lolos PON dari hasil Porwil Babel sendiri sebanyak 60 orang, dan disaat bersamaan, Pra PON dayung di Palembang juga meloloskan banyak atlet dayung Riau ke PON XIX Jabar tahun 2016.

Penambahan jumlah atlet juga terjadi dicabang panahan, dimana 9 arjuna dan srikandinya dipastikan lolos ke PON Jabar.

"Dengan lonjakan jumlah atlet yang lolos tersebut mudah-mudahan Riau bisa lebih berprestasi dan banyak mendapatkan medali emas, khususnya dari atlet dan cabor yang sudah tingkat nasional seperti menembak, anggar, dayung, bowling, angkat berat, sepak takraw, senam dan panahan," ungkap Emrizal kepada GoRiau.com.

Dirinya juga berharap agar usulan penambahan dana segera disetujui Dispora Riau, berkenaan dengan penambahan jumlah atlet tersebut.

"Pada intinya kan yang jadi kendala adalah membengkaknya dana, termasuk untuk pemusatan latihan dan menjaga atlet-atlet yang akan berangkat ke Jabar nanatinya. Mudah-mudahan saja penambahan dana yang kita usulkan bisa secepatnya di realisasikan," pungkasnya. ***