SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Multi efek pelaksanaan Tour de Siak 2014 yang akan ditutup besok, Minggu (21/9/14), tidak hanya berpengaruh terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tapi juga memberi keuntungan bagi pengusaha rumah makan dan warung nasi goreng di Kota Siak.

Pantauan GoRiau.com selama perhelatan Tour de Siak berlangsung, semua usaha rumah makan selalu dipenuhi pembeli. Bahkan, untuk menemukan warung nasi goreng pukul 23.00 Wib malam, sejumlah tamu dari luar kota mengaku kesulitan, karena sebagian besar sudah habis.

"Yuk kita cari makan dulu, jangan tunggu malam, nanti tak ada lagi warung makan yang buka, seperti kemaren malam," ujar Azwar, salah seorang fotografer dari Pekanbaru kepada temannya.

Uni, pemilik rumah makan Ampera Lintau di Jalan Hangtuah Siak mengaku omset penjualannya mengalami peningkatan hingga 200 persen, sejak Tour de Siak digelar. Bahkan, untuk melayani pembeli, dia terpaksa mempekerjakan dua karyawan lagi.

"Alhamdullilah, sama seperti tahun lalu, selama Tour de Siak ini pembeli cukup banyak, omset mencapai Rp1,5 juta," kata Uni.

Andri, pemilik warung nasi goreng di Jalan Raja Kecik dan Sukinah, pemilik nasi uduk di Jalan Sutomo juga merasakan hal yang sama.

"Waduh, maaf bg nasi goreng udah habis, tadi tiga rombongan makan di sini, padahal porsinya udah saya lebihkan dari hari biasa," ujar Andri, saat GoRiau.com menyambangi warung nasi goreng sekitar pukul 22.00 Wib.

"Udah habis mas, yang tinggal cuma tahu dan tempe saja, semua lauk dah diborong pembeli tadi," kata Sukinah.

Kadisparpora Siak, Hendrisan menjelaskan, multi efek pelaksanaan Tour de Siak tidak hanya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tapi juga wisata kuliner. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata dan melihat bazar UMKM di lapangan Siak Bermadah, para tamu juga ingin berwisata kuliner di kawasan Turap Siak.

"Apalagi yang namanya makan itu suatu kebutuhan, tentu para tamu ingin mencicipi masakan di sini. Salah satu tujuan kita memang itu, ada dampak positif terhadap ekonomi masyarakat, selama perhelatan Tour de Siak," ujar Sekretaris Panitia Tour de Siak 2014 ini.(***)