PEKANBARU, GORIAU.COM - 3 daerah akan bersaing menjadi tuan rumah Porprov IX Riau. Diantaranya Kampar, Meranti dan Rohul. Ketiga Bupati sudah hadir dalam Rapat Anggota KONI Riau Tahun 2014 di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (18/12/2014).

Ketiga daerah tersebut dinyatakan maju dalam perebutan calon tuan rumah ditetapkan pada 13-14 Juni 2014 lalu, di Pekanbaru. Meski sebelumnya ada Kabupaten Kuantan Singingi juga menyatakan keinginannya, namun akhirnya batal.

Ketua Umum KONI Riau, H Emrizal Pakis menyebutkan, siapa pun yang terpilih nantinya, harus mengemban tugas tersebut dengan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaannya.

"Sebelumnya ada 4 daerah, setelah dilakukan peninjauan, ternyata Kuansing menyatakan tidak siap menjadi tuan rumah," kata Emrizal Pakis saat memberikan pengarahan di Rapat Anggota KONI Riau.

Calon Tuan Rumah Porprov IX Riau Tahun 2014 akan ditentukan oleh 164 suara anggota. Dimana terdiri dari 48 pengprov cabang olahraga (kali dua), 12 suara dari KONI kabupaten/kota, satu suara dari KONI Riau.

Rapat Anggota KONI Riau Tahun 2014 dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Riau H Syamsurizal yang mewakili Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kabid Binpres KONI Pusat, Dasril Anwar mewakili Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman. Turut hadir 2 cabang olahraga baru yang menjadi keanggotaan KONI Riau, yakni Muaythai dan Bakor Korpri.

"Olahraga menjadi salah satu indikator pembangunan daerah. Pemerataan pembangunan juga berasal dari olahraga. Pembangunan sarana dan prasarana hingga peningkatan ekonomi masyarakat," kata Dasril Anwar.

Menurutnya, Porprov menjadi salah satu indikator bagi daerah untuk menguatkan olahraganya demi bersaing ke tingkat nasional. Porprov juga menjadi dasar kedua setelah kejurda untuk maju ke iven-iven bergengsi nasional hingga internasional.***