BENGKALIS, GORIAU.COM - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) Kabupaten Bengkalis memberangkatkan puluhan kenshi mengikuti Kejaraan Nasional (Kejurnas) Kempo di Kota Gudeg Yogyakarta, 27-30 November mendatang. Perkemi Bengkalis berazam mempertahankan juara umum yang diraih tahun lalu di tempat yang sama.

Kontingen Kempo Bengkalis dilepas Plt Ketua Umum KONI Bengkalis, H Herman Achmad di pelabuhan Roro Air Putih, Bengkalis, Selasa (25/11/2014). Hadir dalam kesempatan tersebut pengurus KONI Bengkalis, Sriyono dan Taufik.

Ditemui jelang keberangkatan, Herman yang juga Ketua Pengkab Perkemi Bengkalis, mengatakan, para pengurus dan seluruh kenshi berazam untuk mempertahankan juara umum yang direbut pada tahun 2013 lau di kota yang sama. Kendati tugas tersebut sangat berat, namun dirinya yakin anak-anak Bengkalis mampu mewujudkannya.

''Mempertahankan juara itu memang jauh lebih sulit ketimbang merebutnya. Tapi insyaallah para Kenshi kita akan mampu memberikan yang terbaik untuk Bengkalis. mudah-mudahan kerja dan latihan keras selama ini membuahkan hasil yang maksimal,'' ujar Herman.

Keyakinan Herman kalau anak-anak asuhnya bakal mampu mempertahankan juara umum, terlihat dari hasil Porprov VIII Riau di Kabupaten Indragiri Hulu, baru-baru ini. Dimana Kempo tampil sebagai juara umum dengan meraih 15 medali emas.

''Tapi, apapun itu, hal-hal yang tidak terduga bisa saja terjadi. Untuk itu mohon dukungan dan doa semua masyarakat, agar anak-anak kembali mengharumkan nama Bengkalis,'' imbuh Herman.

Pelatih Kempo Bengkalis, Marzul juga mengakui mempertahankan juara umum pada Kejurnas di Yogya kali ini cukup berat. Terlebih ada beberapa aturan yang ditetapkan panitia pelaksana terkait pelaksanaan pertandingan.

Misalnya, satu orang kenshi hanya bisa mengikuti 2 nomor yang dipertandingkan, sedangkan pada tahun lalu boleh mengikuti tiga nomor. Akibat dari ketentuan tersebut, dari 35 nomor yang dipertandingkan, anak-anak Bengkalis hanya mengikuti 16 nomor,

''Agak berat mempertahankan juara umum untuk Kejurnas kali ini. Tapi kita tetap berupaya maksimal,'' papar Marzul.

Para kenshi Bengkalis akan turun di kelas Embu (kerapian teknik) dan Randori (perkelahian bebas). ''Mohon doa dan dukungannya, mudah-mudahan bisa tampi maksimal,'' pinta Marzul.(jfk)