BENGKALIS, GORIAU.COM - Bengkalis dipastikan meraih 1 medali emas pertandingan catur beregu putra pada papan 4 atas nama GM H Ardiansyah. Kepastian itu setelah pada pertandingan round 9, pesaing H Ardiansyah asal Pekanbaru MN Nelson Roganda dikalahkan pecatur asal Inhil, Irwansyah (peringkat 5).

Sementara tim Catur beregu putra pada round 9 tampil gemilang dengan memetik angka penuh atas Dumai 5 : 0. Dengan kemenangan ini, Ardiansyah berada pada peringkat 1 point 8,5 sementara diurutan dua, Nelson Roganda 7,5 poin. Bisa dipastikan, dengan nilai ini, maka dua partai sisa yang tertinggal, tidak akan berpengaruh terhadap peringkat Ardiansyah.

Berbeda halnya dengan MN John Roy, setelah pertandingan round 9, posisinya masih tetap berada diperingkat 2, dibawah MN Taufik Abham asal Inhil. Untuk bisa meraih emas, maka John Roy harus bisa memenangkan dua partai tersisa, terutama partai penghabisan (round 11) dimana Bengkalis akan bertemu Inhil.

Menurut koordinator cabor catur, Ali Anas, partai penghabisan tidak hanya menentukan nasib John Roy, melainkan juga nasib tim catur beregu putra. Bagaimana tidak, setelah melalui 9 partai, Bengkalis masih berada diurutan 4 dengan mengumpulkan 21 poin. Sementara diurutan teratas bertengger Pelalawan yang dipastikan akan meraih emas untuk katagori catur beregu putra (poin 25), menyusul Pekanbaru diurutan 2 (poin 23) dan urutan 3 Inhil (poin 22).

''Untuk dua partai tersisa, mau tidak mau kita harus menang. Kalau menang, maka kita akan menggeser Inhil dan meraih medali perunggu,'' ujar Ali Anas seraya menambahkan dua partai sisa yang akan dilakoni Bengkalis adalah Bengkalis vs Rohul dan Bengkalis vs Inhil.(jfk)