BENGKALIS, GORIAU.COM - Pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau VIII Oktober tahun ini di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), KONI dan pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bengkalis meminta supaya cabang olahraga (cabor) renang dipertandingkan.

Hal itu disampaikan Plt Ketua KONI kabupaten Bengkalis Herman Achmad dan Ketua PRSI kabupaten Bengkalis Abi Bahrum, Rabu (23/4/2014). Hal itu terkait dengan adanya keinginan dari tuan rumah Inhu untuk tidak mempertandingkan cabor renang pada Proprov nantinya, dengan alasan tidak memiliki sarana untuk renang yaitu kolam renang yang memenuhi standar.

 

''Untuk menjadi tuan rumah Proprov, apabila ada cabor yang tidak memiliki sarana atau venue, kan bisa diadakan ditempat lain. Pelaksanaan event olahraga tidak mesti seluruhnya dilaksanakan di satu tempat. Kita meminta kepada KONI Riau dan Pengprov PRSI Riau untuk mempertandingkan cabor renang di Porprov,” ujar Herman.

 

Mantan Kabag Umum Setdakab ini mencontohkan, Piala Dunia tahun 2002 bisa diadakan di Jepang dan Korea Selatan. Kemudian pelaksanaan Sea Games tahun 2011 dilaksanakan di Jakarta dan Palembang. Sehingga khusus untuk cabor renang bisa diselenggarakan di kota Pekanbaru atau kabupaten/kota lain yang memiliki sarana pertandingan.

 

Ketua PRSI Abi Bahrum juga berharap cabor renang dipertandingkan di Proprov, dengan tujuan melahirkan atlit berprestasi untuk membela Riau pada PON tahun 2016 di Jawa Barat. Tujuan dari Porprov itu melahirkan atlit berprestasi serta kelanjutan dari pembinaan olahraga terhadap atletnya.

 

''Walau Bengkalis bukan pendulang medali di cabor renang, tetapi kita berharap renang dipertandingkan di Porprov di Inhu nanti, walau lokasinya di kota lain. Sayang banyak atlit renang yang sudah dibina oleh Pengkab PRSI atau klub tidak memiliki ke sempatan bertanding pada multievent seperti Porprov,'' sambung Abi, yang bakal menjadi anggota DPRD Bengkalis.