SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Untuk mendukung kelancaran kegiatan Tour de Siak (TdS) 2014, jajaran Polres Siak menyiagakan 200 personel yang disebar disejumlah titik. Selain menempatkan petugas gabungan, personil Satlantas juga mengawal rombongan pebalap, mulai garis start hingga finish.

"Untuk pengamanan, kita sudah lakukan sejak kedatangan pebalap ke Siak. Ada 200 personil dikerahkan untuk pengamanan Tour de Siak 2014 ini," kata Kapolres Siak, AKBP Dedi Rahman Dayan SIK kepada GoRiau.com, Jumat (19/9/14).

Adapun sistem yang digunakan untuk pengamanan lalulintas, lanjut Kapolres, khusus jalan raya yang menjadi rute perlombaan Tour de Siak, dilakukan dengan sistem buka tutup. Contohnya, setengah jam menjelang rombongan pebalap melintasi jalan, Satlantas bersama petugas gabungan lainnya akan menghentikan arus lalu lintas, dan membuka kembali setelah pebalap lewat.

"Selain itu, kita juga lakukan pengawalan terhadap semua peserta, khususnya tamu dari luar negeri. Ada beberapa personil yang kita tugaskan untuk mengawal tamu asing selama berada di Siak," ujarnya.

Untuk mendukung proses pengawalan itu, tambah Kapolres, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Siak.

"Intinya, agar pelaksanaan Tour de Siak ini berjalan aman dan lancar, kita berupaya semaksimal mungkin melakukan pengamanan, baik untuk jalur yang dilewati pebalap maupun hotel-hotel yang digunakan sebagai tempat penginapan altet selama berada di Siak. Untuk itu, koordinasi dengan semua instansi terkait terus kita lakukan hingga Tour de Siak ini selesai," pungkasnya.(nal)