PEKANBARU, GORIAU.COM - Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Riau akan melaksanakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate, di GOR Tribuana, Pekanbaru, Riau, 18-20 September 2014.

Kota Pekanbaru ditunjuk karena Pelalawan yang sebelumnya terpilih batal menjadi tuan rumah kejurda. Iven akan mempertandingkan 6 tingkatan usia dan 56 kelas.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurda Karate Riau, Taufik, Selasa (16/9/2014), mengatakan, sejauh ini persiapan panitia sudah matang. "Tinggal pelaksanaannya saja," ujar Taufik.

Kejurda Karate diikuti lebih kurang 500-an karateka yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Riau. Ajang ini juga menjadi evaluasi masing-masing daerah untuk diterjunkan ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII di Rengat, Indragiri Hulu.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Forki Riau, H Dheni Kurnia, di tempat yang sama berharap agenda tahunan Forki Riau ini bisa terus melahirkan bibit-bibit atlet potensial Bumi Lancang Kuning di masa depan.

"Kejurda merupakan salah satu titik terendah untuk evaluasi atlet menuju tingkat nasional," kata Kabid Humas PB FORKI ini.

Berdasarkan perkembangannya, kejurda yang digelar setiap tahunnya selalu memberikan nilai positif baik dari segi kuantitas dan kualitas atlet daerah yang ada.

Lanjut Dheni, diharapkan kejurda ini bisa dimaksimalkan kabupaten dan kota menjelang berlangsungnya Porprov. Dimana hasil kejurda ini bisa menjadi evaluasi mendasar bagi masing-masing daerah untuk meningkatkan kualitas para atletnya ke depan.***