PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam rangkaian HUT ke-48, Bank Riau Kepri menggelar open turnamen bulutangkis se-Sumatera tahun 2014. Open turnamen yang berlangsung di Panam Raya Square, Pekanbaru yang berlangsung sejak 12 April sampai 15 April 2014 ini, merupakan tahun yang keempat.

Ketua Panitia Pelaksana, Yuharman melalui rilisnya kepada GoRiau.com, Rabu (16/4/2014) mengungkapkan, peserta yang terdaftar dan ikut berpartisipasi pada Turnamen Bulutangkis Bank Riau kepri se-Sumatera ke-4 tahun ini berjumlah 348 atlet. Sementara yang kategori khusus, atlet Bank Riau Kepri diikuti 64 atlet. Sedangkan klub yang ikut berpartisipasi berjumlah 32 klub yang berasal dari Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

''Kejuaraan bulutangkis tahun ini merupakan tahun ke-4 yang sudah dimulai sejak tahun 2011, 2012, 2013 dan 2014. Semoga kedepannya kejuaraan ini tetap terus didukung manajemen Bank Riau Kepri. Karena turnamen ini sudah menjadi kalender tetap Bank Riau Kepri yang pelaksanaannya tetap pada bulan April, yakni bersempena hari ulang tahun Bank Riau Kepri yang jatuh pada 1 April,'' terang Yuharman pada acara penutupan open turnamen bulutangkis se-Sumatera 2014 di Panam Raya Square, Pekanbaru, Selasa (15/4/2014) malam.

Mengenai klub yang ikut pada turnamen ini, kata Yuharman, berasal dari klub-klub yang ada di kabupaten/ kota di Riau, Sumatera Barat 5 klub, Sumatera Utara 6 klub dan Kepri 1 klub.

''Turnamennya kita bagi 10 kategori. 9 kategori itu open dan 1 kategori khusus diikuti pegawai semua cabang Bank Riau Kepri. Turnamen ini menggunakan sistim gugur. Dan hadiah yang disediakan antara lain uang pembinaan, medali dan sertifikat,'' sebut mantan atlet bulutangkis Bank Riau Kepri ini.

Yuharman menyebutkan, peserta yang ikut pada tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Tapi animo dari masyarakat untuk menyaksikan open turnamen tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. ''Peningkatannya hampir 20 persen,'' katanya.

Sementara itu, Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau Kepri, Afrial Abdullah mengatakan, open turnamen bulutangkis se-Sumatera ini sudah berlangsung selama 4 hari. Turnamen ini bagian dari rangkaian kegiatan olahraga dan seni dalam memperingati 48 tahun berdirinya Bank Riau Kepri. Bahkan sudah menjadi agenda atau kalender tahunan Bank Riau Kepri.

Menurut Afrial, open turnamen bulutangkis se-Sumatera ini juga bagian dari komitmen Bank Riau Kepri untuk berperan serta memacu para atlet bulutangkis untuk lebih berkembang lagi.

''Mudah-mudahan dengan diselenggarakannya open turnamen ini, bisa mencari dan membina bibit-bibit andalan dari Provinsi Riau khususnya dan Sumatera pada umumnya. Itulah harapan kita semua dan ini adalah bagian dari sumbangsih Bank Riau Kepri. Kedepan kita harapkan turnamen ini tetap dilaksanakan, kalau bisa justru lebih baik lagi. Kepada panitia, kami mengucapkan terima kasih karena telah sukses melaksanakan turnamen ini. Kemudian kepada para pemenang, kami ucapkan selamat atas prestasinya dan bagi yang belum menang dapat memacu dirinya pada pertandingan berikutnya supaya lebih baik lagi supaya bisa menjadi pemenang,'' papar Afrial.

Dari 4 pertandingan final yang berlangsung seru, berakhir pada jam 23.30 Wib. Untuk juara 1 tunggal taruna putri diraih oleh Fira Radi Pratiwi dari PB Andalas Jaya dari Sumatra Barat. Untuk juara 1 tunggal remaja putra diraih oleh Angel Songo dari PB Angkasa Pekanbaru.Untuk juara 1 ganda dewasa putra diraih oleh Yudha Prayoga dan novaAnggalas dari PB Persajian Peranap Inhu. (rls)