BENGKALIS, GORIAU.COM - Lomba mancing yang ditaja Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) banjir peserta. Tercatat 2.800 para mancing mania memeriahkan perlombaan yang digelar sempena memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Minggu (21/09/2014) ini.

Peserta tidak hanya dari Bengkalis, tapi dari enam kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Diantaranya Rokan Hilir, Pekanbaru, Dumai, Siak dan Pelalawan. Perlombaan semakin spesial karena, Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh beserta petinggi Forkompinda ikut andil sebagai peserta memancing di Selat Bengkalis.

"Kita harapkan olahraga masal ini, menjadi iven yang rutin dilaksanakan dan cakupannya tidak hanya di Selat Bengkalis saja tapi diperluas wilayahnya, seperti di selat Rupat, Selatbaru, dan laut sekitar pulau Bengkalis lainnya," ujar Bupati.

Selain memperingati Harhubnas, Kadishubkominfo H. Jaafar Arif mengungkapkan tujuan utama diselenggarakannya lomba mancing agar masyarakat semakin mencintai laut dan ikut menjaga ekosistem bahari.

Lebih lanjut, Kadis menjelaskan untuk pemenang telah disiapkan hadiah uang tunai dan hadiah hiburan lainnya bagi 20 peserta yang mendapatkan ikan terberat. Juara 1 sampai 10 dianugrahi uang tunai, Rp 30 juta untuk juara pertama, sedangkan urutan 11 sampai 20 mendapatkan hadiah hiburan.

Lomba yang akan berakhir pukul 16.00 WIB juga turut disaksikan oleh presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Malaysia, YB Tan Sri H. Mohd. Ali bin Mohd. Rustam dan rombongan serta berkesempatan melihat ikan yang baru ditangkap oleh peserta.(jfk)