BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebanyak 303 peserta dari delapan kecamatan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis siap tampil pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 Tingkat Kabupaten Bengkalis.

Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia MTQ ke-40 Tingkat Kabupaten Bengkalis, para peserta ini akan didampingi oleh 86 official dan pelatih dari para 8 kafilah dan LPTQ. Mereka akan mengikuti cabang-cabang yang dipertandingkan selama pelaksanaan MTQ yang dibuka dari, Sabtu malam (30/5/2015) dan ditutup hingga Jumat malam (5/6/2015).

Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi Panitia Penyelenggara MTQ ke-40, Johansyah Syafri, mengatakan total peserta dan ofisial serta pelatih dalam MTQ ke-40 Tingkat Kabupaten Bengkalis sebanyak 389 orang. Para peserta mulai masuk dan langsung melakukan pendaftaran pada panitia di aula Gedung Pertemuan Kantor Camat Bengkalis, Jumat (29/5/2015).

Kecamatan mengirimkan peserta terbanyak yang bakal tampil pada ajang MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis, yakni sebanyak 50 orang, terdiri dari 42 peserta dan 8 official/pelatih. Disusul kafilah dari Kecamatan Mandau sebanyak 48 orang, terdiri 31 peserta dan 17 pelatih/ofisial, kafilah Kecamatan Bantan yang merupakan juara bertahan pada MTQ tahun lalu, mengirimkan 48 orang, terdiri 36 peserta dan 12 pelatih/ofisial. Kafilah Bukit Batu 46 orang (38 peserta dan 8 ofisial/pelatih), kafilah Kecamatan Pinggir sebanyak 45 orang (38 peserta dan 7 pelatih/ofisial.

Kemudian kafilah Siak Kecil 43 orang (33 peserta dan 10 pelatih/ofisial), sedangkan tuan rumah, Kecamatan Bengkalis mengutus 42 orang (32 peserta dan 10 pelatih/ofisial), diikuti kecamatan Rupat Utara sebanyak 40 orang (32 peserta dan 8 pelatih/official) dan LPTQ Kabupaten Bengkalis mengutus 27 orang (21 peserta dan 6 pelatih/ofisial).

Dikatakan Johansyah, para peserta dari sembilan kafilah ini akan tampil pada cabang-cabang yang dipertandingkan, seperti cabang tilawah quran yang memperlombakan enam golongan. Kemudian cabang Hifdzil Quran sebanyak 3 golongan yang diperlombakan, Tafsir Quran memperlombakan empat golongan, Fahmil Quran, Syarhil quran, Khattil Quran dan musabaqah menulis ilmiyah Al Quran.(ail)