PEKANBARU, GORIAU.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Riau, Arsyadjuliandi (Andi) Rahman akan mengevaluasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dir Riau yang dinilai minim dalam memberikan kontribusi baik untuk daerah maupun masyarakat dalam waktu dekat.

Dirinya akan membahas masalah ini dengan Gubernur Riau, H Annas Maamun. Karena menurutnya, perlu adanya pembenahan dan evaluasi terkait BUMD yang 'sakit' tersebut.

"Kita akan bahas ini dengan Pak Gub untuk dibicarakan nantinya. Tetapi intinya, kita akan lihat apa yang menjadikan BUMD tersebut lemah dan dinilai kurang berperan dalam kontribusi kepada masyarakat dan daerah," kata Wagub.

Dijelaskannya, tentu yang lebih mengetahui persoalan di BUMD itu adalah jajaran direksinya. "Artinya kita akan melihat kembali sejarah didirikannya BUMD tersebut, mereka seharusnya bergerak di bidang apa," tandas Wagub.

Saat ini ada tujuh BUMD yang terbentuk di Riau, diantaranya PT Bank Riau-Kepri, PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkreda), PT RIC, PT Sarana Pembangunan Riau, PT Riau Petroleum dan PT Riau Air Lines (RAL).***