PEKANBARU, GORIAU.COM - PTPN V menyalurkan bantuan pinjaman sebesar Rp 755 juta kepada 37 UMKM yang ada di Provinsi Siak, Jumat (21/11/2014). Bertempat di Winaria Hotel Siak, penyerahan bantuan dana bergilir dan bergulir Program Kemitraan PTPN V tersebut, diserahkan secara langsung oleh Kepala Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PTPN V H. Jabir S.Sos., M.Si dengan didampingi Kaurs PKBL Sarimanza Tanjung SH.

Dijelaskan oleh Jabir, PTPN V kembali menyalurkan dana program kemitraan kepada masyarakat Kabupaten Siak dalam rangka mendukung program untuk peningkatan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana BUMN.

''Sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN No.Per-08/MBU/2013, dimana Program Kemitraan bersumber dari anggaran perusahaan yang diperhitungkan sebagai biaya, maksimal 2% dari laba bersih tahun sebelumnya,'' beber Jabir.

Menurutnya, dari pengajuan Rp 2,6 miliar yang dimohonkan Rp 755 juta dapat disetujui. ''Penyaluran bantuan pinjaman yang akan disalurkan pada hari ini adalah sebesar Rp 755 juta untuk 37 orang UMKM, dari semula yang diajukan Rp 2,6 miliar lebih untuk 45 UKM, hal ini disebabkan semakin selektifnya persyaratan untuk mendapat pinjaman,'' terangnya.

Memang PTPN V sendiri mengajukan berbagai persayaratan kepada UMKM yang mengajukan permohonan dana kemitraan, hal ini bertujuan meminimalisir potensi macet yang hanya akan mempersulit bergulirnya dana ini kepada UMKM lain yang juga membutuhkan.

''Kita lihat lama usahanya, minimal satu tahun dan memiliki potensi/prospek untuk dikembangkan. Kita juga lihat bidang usahanya apa, kemudian ketersediaan izin, pembukuan, kinerja, dan agunan yang ada,'' sebut Jabir.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Kabid UKM Dinas Koperasi dan IKM Kab. Siak Sarpawi dan perwakilan PT Asuransi Jasa Raharja Pekanbaru, Jabir juga menginformasikan bahwa selama PTPN V beroperasi, pinjaman program kemitraan yang telah disalurkan di Propinsi Riau mencapai Rp 68 miliar.

''Kurang lebih sudah Rp 68.121.229.000 untuk 3.610 orang/UKM dan khusus untuk di kabupaten Siak sampai dengan saat ini telah disalurkan Rp 12.499.500.000 untuk 501 orang per UMKM,'' ucap Jabir.

''Untuk Program Bina lingkungan, dana yang telah disalurkan PTPN V di Propinsi Riau sebesar Rp 47.011.229.000 dan khusus di Kabupaten Siak adalah sebesar Rp 2.141.840.000,'' jelasnya lagi.

Dengan jumlah mitra yang mencapai 3.610 UMKM tersebut, Jabir juga menyampaikan harapannya agar UMKM yang menerima bantuan dapat memanfaatkan dana yang diterima sebaik mungkin.

''Kami harapkan penerima dana kemitraan PTPN V bisa mengembalikan cicilannya sesuai perjanjian yang telah disepakati sehingga program ini dapat bergulir dan bergilir, sebab saat ini masyarakat yang menantikan bantuan juga masih banyak,'' tukasnya. (rls)