PEKANBARU, GORIAU.COM - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Riau tetap akan menyiapkan kader terbaik untuk maju sebagai calon kepala daerah pada Pilkada serentak di 9 daerah di Riau. Namun demikian, calon yang diusung tetap melihat perkembangan situasi politik yang ada kedepan.

Sekretaris Dewan Tanfidz DPW PKB Riau Ade Agus Hartanto, SSos mengatakan, kader-kader yang dicalonkan tersebut tak serta merta diputuskan, karena masih ada proses seleksi secara berjalan. Sejauh ini ada dua daerah yang telah mengajukan kader sendiri untuk dicalonkan yakni Rokan Hilir dan Kabupaten Siak.

"Rokan Hilir kami memiliki 5 kursi legsilatif dan Siak 3, dengan jumlah suara memadai, ada dua kader di masing-masing daerah itu kami siapkan untuk diusung nantinya," kata Ade Agus ditemui GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (15/5/2015).

Untuk Rokan Hilir ada nama Ketua DPC PKB Syarifuddin dan anggota DPRD Riau dari PKB, Firdaus. Kemudian Siak adalah mantan Ketua Dewan Tanfidz PKB Riau Riky Hariansyah dan Ketua DPC Siak Muktharom. "Mereka kami usulkan karena kami yakin dengan kredibilitas dan dukungan kuat dari masyarakat setempat," lanjut Ade lagi.

Anggota DPRD Riau ini menyebutkan, untuk daerah lain sejauh ini masih dalam tahap lobi dan penjajakann terutama mencari dukungan koalisi dengan partai lain. "Bagaimana pun di daerah-daerah yang punya suara sedikit, kami tentu akan mencari koalisi. Karena tak mungkin kami dapat mengusung sendiri," jelasnya.

Sementara untuk Kabupaten Kuantan Singingi, PKB telah berkoalisi dengan PBB dan PKPI mengusung pasangan Marjan Ustha-Muslim. Dipilihnya pasangan tersebut, karena kedua memiliki komitmen kuat serta visi dan misi yang sama dengan PKB. PKB sendiri menurut Ade, sebisa mungkin lebih awal menetapkan calon di Pilkada nanti agar mudah melakukan konsolidasi dan sosialisasi.

"Harapan kami akhir Mei mendatang sudah ditetapkan siapa calon yang akan diusung nanti, semakin cepat akan semakin mudah melakukan sosialisasi," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, sembilan daerah yang akan menggelar Pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang, selain Kuansing, Rokan Hilir dan Siak, juga dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Pelalawan, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.(rul)