PEKANBARU, GORIAU.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Riau mengantongi 70 nama calon Kepala Daerah yang mendaftar untuk bertarung pada Pemilukada serentak di sembilan kabupaten dan kota se Riau. Mereka akan mengikuti fit and propertest untuk dipilih sebagai calon yang diusung PDIP, Desember 2015 mendatang.

"Mereka yang sudah mendaftar dan mengembalikan formulir itu ada 70 orang. Dari jumlah itu akan dipilih maksimal tiga setiap daerah untuk ditanyakan keseriusan mereka maju menggunakan perahu PDIP dalam tiga hari kedepan," kata Ketua DPD PDIP Riau Kordias Pasaribu di Pekanbaru, Selasa (19/5/2015).

Kordias menyebutkan, PDIP akan selektif memilih calon yang akan diusung nantinya. Selain memenuhi syarat umum dengan mendaftar dan mengembalikan formulir, calon juga diminta menunjukkan dedikasi dan integritas serta punya dukungan kuat di tengah masyarakat.

"Mereka harus bisa meyakinkan kami. Kami berharap nanti calon yang diusung sudah dengan pasangannya. Karena itu, mereka juga harus punya kemampuan lobi. Apalagi PDIP sendiri tidak semua daerah mampu mengusung secara tunggal," sambungnya.

Untuk kegiatan fit and propertest, Kordias mengaku juga telah berkoordinasi dengan pihak DPP agar untuk Riau diselenggarakan di Pekanbaru. Hal ini agar mempermudah dan mempersingkat waktu dalam menentukan calon yang dipilih nantinya.

Adapun sembilan kabupaten dan kota di Riau yang akan melaksanakan Pemilukada serentak adalah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. Rencana PDIP baru memutuskan calon yang bakal diusung nantinya, pada awal Juni mendatang.(rul)