PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 23 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Pekanbaru menerima pinjaman modal kerja dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN V (Persero), Kamis (28/08/2014). Sedikitnya Rp 535 juta digelontorkan PTPN V untuk untuk ke 23 UKM yang ada di Pekanbaru.

Acara yang diselenggarakan di ruang Rapat Gedung Serbaguna PTPN V (Persero) tersebut juga dihadiri oleh Kabag PKBL PTPN V Jabir, S.Sos, M.Si, Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Perwakilan Asuransi Jasa Raharja dan Peserta UKM yang menerima pinjaman modal kerja. Selain penyerahan dana kemitraan, Perusahaan juga melakukan penyuluhan kepada UKM yang hadir.

Jabir dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Kemitraan PTPN V dilaksanakan sebagai bentuk dukungan atas Program Kementerian BUMN dengan Usaha Kecil.

''Pada pasal 9 Permen BUMN No. Per-08/MBU/2013, disebutkan dana kemitraan bersumber dari anggaran Perusahaan yang diperhitungkan sebagai biaya, maksimal 2 persen dari laba bersih tahun sebelumnya,'' ujar Jabir.

''Maka, melalui pemanfaatan dana BUMN tentunya kita berharap unit usaha kecil yang menerima dana kemitraan, dapat meningkatkan kemampuannya sehingga kemudian akan tumbuh UKM yang tangguh dan mandiri,'' tegasnya lagi.

Lebih jauh lagi, Jabir juga menjelaskan apa yang sudah diberikan terkait sumbangsih tanggung jawab sosial Perusahaan BUMN Perkebunan di Provinsi Riau itu terhadap usaha kecil yang ada di Riau.

''Sampai dengan saat ini, pinjaman program Kemitraan PTPN V yang telah disalurkan di kabupaten kota yang ada Provinsi Riau sudah mencapai Rp.65.911.229.000 untuk 3.501 orang/UKM. Khusus untuk kota Pekanbaru sampai dengan saat ini adalah sebesar lebih dari Rp 16 miliar yang diberikan kepada 889 org/UKM,'' urainya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Diuraikan juga olehnya, selain memberikan dana kemitraan, untuk Program Bina Lingkungan (hibah) dana yang telah disalurkan PTPN V mencapai angka yang juga fantastis yakni Rp 46.142.053.000. ''Di kota Pekanbaru sendiri setidakya sudah Rp 19 miliar dana Bina Lingkungan yang diberikan Perusahaan kepada stakeholders,'' sebut Jabir.

Selanjutnya guna kelancaran Program Kemitraan, Jabir meminta kepada mitra yang sudah menerima dana untuk dapat memanfaatkan uang yang diterima sebaik-baiknya. ''Saat ini masih banyak Mitra dan masyarakat yang menantikan bantuan pinjaman dana kerja, untuk itu kami mengharapkan kiranya bapak ibu yang mendapatkan pinjaman agar memanfaatkan uang yang terima sebaik mungkin dan mengembalikan cicilannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati,'' harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru yang diwakili oleh Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Jasa Keuangan, Fabilla Sandy, SE, MAP mengatakan, ''Keberadaan UMKM memegang peranan penting didalam perekonomian daerah, jumlah UMKM mencapai lebih dari 80% dari seluruh pelaku ekonomi didaerah ini, sehingga pada kesempatan ini kami meminta kepada kita semua untuk menciptakan komitmen yang tinggi dalam membangun perekonomian kota Pekanbaru terutama pada sector usaha kecil ini,'' tukasnya.

''Melalui program kemitraan PTPN V (Persero) Pekanbaru dipastikan dapat memberi nilai tambah bagi usaha kecil dalam peningkatan produksi baik kualitas maupun kuantitasnya. Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PTPN V, dan hendaknyanya ini juga dapat diikuti oleh BUMN-BUMN lainnya yang ada di kota pekanbaru yang kita cintai ini,'' ujarnya lagi. (rls)