PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam rangka action plan salah seorang alumni dari 20 alumni yang berasal dari berbagai negara di dunia yang telah mengikuti program Study of the U.S. Institute for Student Leaders on Global Enviromental Issues 2013 (SUSI-GEI 2013) di Hawaii, Andri Hendrizal, kini mewujudkan teori-teori yang telah didapatkannya dalam aksi nyata setelah mengikuti program ini selama 5 bulan.

''Program ini memang menuntut alumninya untuk bisa bertindak nyata terkait dengan isu lingkungan global yang sering menjadi topik hangat di berbagai belahan dunia ketika kembali ke negara asalnya,'' ujar Andi Hendrizal kepada GoRiau.com, Senin (14/4/2014).

Action plan ini didanai langsung oleh East West Center pada Program Study of US Institute GEI 2013. Namun, tidak seluruh alumni bisa didanai untuk action plannya ini, hanya beberapa alumni yang proposalnya diterima yang bisa didukung penuh secara materi dari program ini.

Andri, begitu sapaan akrabnya, memilih untuk mewujudkan tindakannya dalam suatu kegiatan bernama Riau Environmental Hackathon 2014, yaitu suatu kegiatan yang mengumpulkan 25 orang mahasiswa Universitas Riau yang akan dikenalkan pada isu-isu lingkungan global dalam rangka perlindungan lingkungan di bawah lima topik utama.

Lima topik utama tersebut antara lain manajemen sumber daya alam, perubahan iklim, ketahanan pangan, pendidikan bencana dan daur ulang sampah.

''Narasumber yang akan dihadirkan adalah para ahli di bidangnya masing-masing. Setelah materi lingkungan diberikan, nantinya para peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil dan mendapatkan masalah yang harus didiskusikan bersama serta merumuskan beberapa solusi terhadap masalah tersebut,'' tambahnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada akhir pekan tanggal 18-20 April 2014, dimulai dari hari Jumat sore dan berakhir pada hari Minggu siang di Trans Hotel Panam Pekanbaru.

Kegiatan ini tidak memungut biaya sedikitpun dari peserta, jadi semuanya adalah tanggung jawab dari panitia. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Univeritas Riau, namun terbatas hanya untuk mahasiswa semester 6 ke bawah.

Dari sekian banyak yang mendaftar akan disaring lagi menjadi 25 orang peserta dan pendaftaran paling lambat diterima panitia tanggal 15 April 2014. Untuk tahu info lebih lanjut dan ingin mendapatkan formulir pendaftaran dapat mengakses https://riauhackathon.weebly.com/ atau via twitter di @REHackathon2014. Calon peserta juga bisa bertanya langsung kepada Saudara Andri Hendrizal sebagai project leader di nomor telpon 081365928370 atau pin BB 75DD2A3. ***