RENGAT, GORIAU.COM - Sejak dua hari terakhir, kabut asap tebal kembali menyelimuti beberapa wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Dari pantauan lapangan Dinas Kehutanan (Dishut) Inhu, ditemukan tiga lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Diantaranya, di Kecamatan Kuala Cenaku tepatnya di Desa Pulau Gelang dan Rawa Bangun, serta di Kecamatan Rengat Barat Desa Talang Jerinjing.

"Kita tengah melakukan upaya pemadaman bersama tim Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) sejak, Senin (15/9/2014) semalam. Pemadaman cukup rumit karena berada pada lahan gambut dan jauh dari sumber air", ujar Kadishut Inhu melalui Kasi Penanggulangan Bencana dan Konflik Sosial Dishut Inhu, Sambodo, Shut, Selasa, (16/9/2014).

Dijelaskan Sambodo, kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di Kabupaten Inhu ini sudah terjadi sejak minggu lalu, tapi belum separah saat ini.

Sedangkan kabut asap tebal seperti saat ini, terjadi sejak dua hari terakhir. Akibatnya pantauan satelit untuk mendeteksi titik api juga terhambat asap tebal.

"Dilokasi kebakaran yang kita temukan, terdapat beberapa titik api. Saat ini kita masih berupaya untuk memadamkan. Diharapkan dalam satu dua hari ini kabut asap bisa diatasi dan udara kembali normal", tandasnya.(jef)