JAKARTA, GORIAU.COM - Kabupaten Siak, Riau ikut ambil bagian dalam Pekan Lingkungan Hidup (PLI) 2014 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Sama dengan dengan tahun lalu, tahun ini Tim Badan Lingkungan Hidup (BLH) mengambil stand sendiri dengan menampilkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pengelolaan sampah yang telah dilakukan di kabupaten Siak.

Pekan Lingkungan Hidup (PLI) ke-18 ini secara resmi dibuka oleh Plt. Sekretaris Kementrian Lingkungan Hidup Karliansyah, Jumat (30/5/2014) dan dihadiri oleh para kepala daerah se-Indonesia termasuk Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

"Melalui PLI Tahun 2014 ini, Kementerian Lingkungan Hidup mengajak semua pihak untuk menyatukan langkah melindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim sehingga tercapai ketahanan lingkungan. Ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat Indonesia,'' jelas Karliansyah.

Tema kali ini, yakni "Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim". Tema tersebut mengikuti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2014 mendatang yang dikeluarkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), yakni "Raise Your Voice, Not, the Sea Level".

Acara yang dilaksanakan dari 29 Mei - 1 Juni 2014 ini dibuka sejak pukul 08:00 - 17:00 WIB. PLI 2014 tahun ini diikuti oleh 312 peserta pameran yang terdiri dari 15 instansi pemerintah pusat, 13 pemerintah daerah, 38 badan lingkungan hidup tingkat kota, 100 badan lingkungan hidup tingkat kabupaten, 123 dunia usaha, 21 LSM/asosiasi/lembaga terkait dan 2 media.

Selain itu ada beberapa rangkaian perlombaan untuk anak-anak sekolah dasar hingga dewasa. diantaranya lomba mewarnai dan menggambar kategori TK dan SD, lomba insinyur cilik, green music festival, funwalk, seminar lingkungan hidup dan ecoDriving Workshop adn Rally.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30052014/blhjpg-900.jpgSementara usai pembukaan, stand Kabupaten Siak langsung ditinjau Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi dan diterima oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Siak, H Sadikin SSos, Kabid Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan Hidup Syaiful Amar SSos MSi, Kabid Pemantauan LIngkungan Irma Suryani SSos MSi, Kasubid Pengawasan Khairul SSos, Kasubid Pencemaran Ardayani SSi MSi serta para staf Badan Lingkungan Hidup Siak.

Pada kesempatan ini, Alfedri berpesan agar Kabupaten Siak bisa tampil maksimal menyuguhkan usaha-usaha pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang telah dilakukan, sekaligus bisa mempromosikan Siak sebagai salahs satu kabupaten yang memiliki sumberdaya alam yang besar. ***