DUMAI, GORIAU.COM - Sumbangsih SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada masyarakat Riau dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan pada Februari-Maret 2014 lalu mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Dumai.

Bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung, Senin (22/9/2014), Tommy Sibuea, Team Manager Policy Government and Public Affairs (PGPA) CPI Dumai, menerima penghargaan dari Walikota Dumai, H Khairul Anwar yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Said Mustafa.

Said Mustafa dalam sambutannya berharap bencana kebakaran hutan dan lahan di Dumai tidak terulang lagi, dan kerjasama yang baik antar instansi terus terbina khususnya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Manajemen CPI menyambut baik sinergi yang telah terjalin antara pemerintah dan perusahaan dalam melakukan mitigasi terhadap bahaya kabut asap sedini mungkin, termasuk pencegahan, dan penanganannya. Melindungi masyarakat dan lingkungan merupakan salah satu nilai dasar CPI. Perwujudannya di implementasikan dengan memberikan dukungan dan bekerjasama dengan pemerintah dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Pada periode Januari–April 2014 lalu, SKK Migas-CPI telah mengerahkan 320 petugas pemadam kebaran beserta perlengkapannya untuk memadamkan 674 titik api yang tersebar di 606 hektar lahan yang berada di area Rumbai, Minas, Petapahan, Libo, Bangko, Bekasap, Duri & Dumai. Selain itu SKKMigas-CPI juga memasok bahan bakar (avtur) helikopter sebanyak 10.000 liter yang digunakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memadamkan kebakaran di wilayah Riau. Kontribusi lain juga diberikan SKK Migas-CPI melalui bantuan lebih dari 18.000 masker dan diberikan kepada masyarakat dan pelajar yang tinggal di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Khusus di wilayah Kota Dumai, CPI berkontribusi sebanyak 30 kali operasi penanganan kebakaran hutan dan lahan baik yang berupa permintaan maupun inisiatif CPI selama periode Maret-April 2014. Koordinasi dilakukan dengan Pemerintah Kota Dumai dengan memberikan data pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di wilayah kerja CPI Dumai, serta bantuan penyediaan dan distribusi masker sebanyak 1500 buah kepada siswa-siswi dan guru Sekolah Dasar di wilayah Kota Dumai.

Bentuk kepedulian akan bahaya kabut asap juga diberikan SKKMigas-CPI melalui sosialisasi dan edukasi di bulan Oktober-November kepada 20 Sekolah Menengah Atas melalui Program Chevron Goes to School di wilayah Minas, Duri, Libo, Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai. rls