PEKANBARU GORIAU.COM - Dari hasil monitoring yang dilakukan Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, selama Bulan Oktober 2014 mencatat total hotspot di Riau sebanyak 72 titik. Hotspot terbanyak ada di wilayah Kabupaten Inderagiri Hilir (Inhil) dan nihil untuk wilayah Kota Pekanbaru serta Rokan Hulu.

Demikian disampaikan Kepala BPBD Riau, Said Saqlul Amri, Sabtu (1/11/2014). "Hotspot yang dipantau dengan menggunakan Satelit NOAA.18 ini, paling banyak ditemukan pada rentang waktu 6-9 Oktober. Selain di Inhil, daerah yang juga banyak terdapat hotspot adalah Inderagiri Hulu (18), Pelalawan (11) dan Kuantan Singingi (7)," kata Said.

Untuk keseluruhan wilayah Sumatera, lanjut Said, jumlah hotspot sepanjang Bulan Oktober berjumlah 1.117 titik. Hotspot terpantau hampir disepanjang Bulan Oktober. Hanya di Tanggal 3, 21 dan 22 Oktober yang nihil titik panas..

"Hingga Jumat, 31 Oktober kemarin, total titik panas yang terpantau oleh Satelit NOAA.18 di wilayah Sumatera masih ada 6 titik. Untuk wilayah Riau nihil titik panas," pungkas Said.(wdu)