RENGAT, GORIAU.COM - Terkait banyaknya titik api dan kebakaran lahan sejak beberapa hari terakhir di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, diminta pihak kepolisian menindak tegas dan tangkap pelaku pembakaran lahan di Inhu.

Ungkapan ini disampaikan Calon Ketua DPRD Inhu, Miswanto, menanggapi kondisi asap yang kian parah di Kabupaten Inhu sejak tiga hari terakhir, Rabu (17//2014) di kantornya.

"Kita sadar bahwasanya ini adalah tanggung jawab kita semua. Namun demikian, instansi dan institusi terkait harus bisa bekerja optimal dalam mengantisipasi persoalan ini", ujarnya.

Selain itu sebutnya, pihak terkait dalam hal ini kepolisian untuk dapat menindak tegas pihak atau pelaku pembakaran hutan dan lahan, baik itu perseorangan maupun pihak perusahan.

"Kita minta kepolisian dan instansi terkait untuk menindak atau menangkap pelaku pembakaran ini. Akibat ulah mereka, kita semua yang jadi korban", tegasnya.

Dalam pada itu, anggota DPRD Inhu, Edi Supirman, menyebutkan bahwa kabut asap ini merupakan bencana yang dibuat-buat atau disengaja, maka harus ditindak tegas.

"Jangan karena kepentingan pibadi atau segelintiran orang, masyarakat banyak yang jadi korban. Maka dari itu, kita minta pelaku pembakaran lahan tersebut ditindak tegas. Jika tidak, maka hal serupa akan kembali terjadi dan terus terjadi setiap tahunnya",tegas politisi PKPI itu.(jef)