PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski sudah diguyur hujan dalam dua hari terakhir, nyatanya kabut asap kembali melanda kota Pekanbaru, Riau. Hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Rabu (5/8/2015) pagi, kabut asap membuat jarak pandang satu kilometer, dengan kualitas udara 'Tidak Sehat'.

Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin menjelaskan, kabut asap terpantau di Pekanbaru. Sedangkan kota lain seperti Dumai, jarak pandang masih stabil, yakni enam kilometer, Pelalawan tiga kilometer (haze), dan Rengat empat kilometer (haze). "Kualitas udara Pekanbaru terpantau tidak sehat," kata Sugarin.

Sedangkan hasil pengamatan titik panas atau hotspot di wilayah pulau Sumatera, satelit Terra dan Aqua temukan satu titik panas, yakni di Sumatera Utara.

"Untuk Riau kita tidak tahu berapa banyak hotspot pagi ini, karena blank spot (satelit tidak melintas diatasnya,red)," tukasnya.

Secara umum, sambungnya, kondisi cuaca di wilayah Riau cerah berawan dan diselimuti kabut asap pada pagi dan malam hari, di wilayah Riau bagian tengah.

"Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata pada sore dan malam atau pagi dini hari, di wilayah Riau bagian tengah, selatan dan barat," pungkas Sugarin. (had)