PEKANBARU, GORIAU.COM - Korban sakit akibat kabut asap yang mendera Riau dalam satu bulan terakhir terus bertambah. Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Minggu (4/10/2015) melaporkan, setidaknya 54.134 jiwa warga Riau terserang penyakit.

Data ini merupakan rangkuman dari seluruh daerah di Riau dan tercatat dari warga yang berobat dan melaporkan. Penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) masih mendominasi dengan total 44.960 jiwa.

Menyusul penderita iritasi mata sebanyak 2.753 jiwa, asma sebanyak 2.064, pneumenia sebanyak 769 jiwa dan penderita penyakit lainnya. Jumlah ini akan terus bertambah seiring pekatnya kabut asap yang menyelimuti Riau beberapa waktu ke depan.

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus fokus menangani korban sakit akibat kabut asap. Posko kesehatan di beberapa titik didirikan dengan pengobatan gratis.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Andra Sjafril, Minggu (4/10/2015) juga mengimbau dan meminta kesadaran masyarakat akan bahaya kabut asap ini. "Masih banyak juga yang mengindahkan imbauan untuk menggunakan masker ketika berada di luar ruangan," kata Andra.

Ditegaskannya, masyarakat harus mawas diri sebelum terkena dampak penyakit akibat kabut asap. "Bahkan juga tidak sedikit yang berada di jalanan (berkendara, red) tanpa menggunakan masker," sambungnya.***