SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sejak pagi, Selasa (23/9/14), kabut asap menyelimuti Kabupaten Siak dan sekitarnya. Dibanding hari-hari sebelumnya, kabut asap kali ini begitu tebal sehingga menganggu aktivitas warga.

Pantauan GoRiaua.com, sepanjang jalan Perawang menuju Kota Siak, ketebalan kabut asap begitu terasa, sehingga menganggu pernafasan. Dari atas jembatan Perawang, kapal yang sedang berlayar di sungai tidak jelas terlihat, padahal jaraknya hanya sekitar 200 meter.

"Sejak subuh tadi kabut sangat tebal, udah menganggu sekali, ini kerongkongan saya mulai gatal," kata Amin, penjul buah yang setiap hari mangkal di Jembatan Perawang.

"Biasanya, dari atas jembatan ini bisa dilihat asal api dimana lahan terbakar. Tapi ini tak ada, kok asapnya tebal betul, mungkin daerah lain yang lahannya terbakar," timpal Ujang, penjual buah lainnya.

Dari Perawang menuju Kota Siak, kabut asap menyelimuti langit. Bahkan, jarak pandang pengendara sepeda motor menjadi terganggu. Kendati demikian, belum ada upaya pihak terkait mengantisipasi masalah ini.

"Masih sekolah kok bang, tak ada guru bilang libur," ujar Dedi, pelajar SMK di Kecamatan Koto Gasib, Siak.(nal)