RENGAT, GORIAU.COM - Meski Hujan terus mengguyur Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), namun kabut asap di negeri Sejuta Sungkai ini, kian tebal. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan atlit Inhu yang sedang melaksanakan pemusatan latihan jelang pelaksanaan Porprov ke VIII di Inhu.

Asisten Manager Sepakbola Porprov Inhu, Adila Ansori menyebutkan, kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu kesehatan atletnya yang sedang melaksanakan pemusatan latihan.

"Anak-anak berlatih pagi dan sore hari, ditakutkan pernafasan mereka akan terganggu, karena memang mereka berlatih diruang terbuka dan dengan porsi latihan yang sedikit berat, mengingat waktu pelaksanaan yang hanya tinggal 20 hari lagi", sebut pria yang akrap disapa Ucok itu, Jumat (26/9/2014).

Ucok berharap, kondisi ini tidak berlangsung lama. Tidak hanya atlet sepak bola, atlet cabor lain yang saat ini sedang latihan juga akan mengalami dampak yang sama.

"Dengan demikian, diharapkan para atlit dapat menjaga kondisi kesehatan karena Porprov sudah didepan mata" tukasnya.

Sementara itu, Manggala Agni Inhu Salendra menyebutkan, sejauh ini belum diketahui secara pasti asal kabut asap yang saat ini menyelimuti Inhu. Sebab, dari informasi yang diterima pihaknya, di Inhu tidak terdapat titik api.

"Saat ini Inhu nihil titik apa. Jadi kita belum tahu dari mana asal asap ini. Saya yakin, asap ini adalah kiriman dari daerah tetangga, seperti Jambi dan Palembang. Kabupaten Inhu berada di perbatasan Riau dan Jambi", ungkap pihak Manggala Agni Salendra, Jumat (26/9/2014).

Dikatakan Salendra, dari pantauan terakhir satelit NOA 18, di Inhu tidak terdapat titik apa dan bahkan Riau secara keseluruhan. "Apa pantauan satelit tersebut sama dengan satelit lain, seperti Satelit tera dan Aqua, kita tidak bisa pastikan", tandasnya.(jef)