PEKANBARU, GORIAU.COM - Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Biologi Universitas Riau kembali menggelar Pekan Penghijauan XXVI yang akan dilaksanakan 16-18 Mei 2014 di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai.

Ketua Pelaksana Pekan Penghijauan Zamil Hadi dan Bupati Mahasiswa Syahrul Ramadhan melalui rilisnya kepada GoRiau.com, Senin (14/4/2014) mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program pemerintah dalam upaya pengembalian tatanan ekosistem hutan nasional dalam bentuk reboisasi terutama di daerah Riau. Selain itu juga membantu mencegah kerusakan ekologi hutan dengan menyeimbangkan kondisi keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi satwa dan keadaan ekologi ekosistemnya yang ada di Riau.

''Kita juga berharap kegiatan ini juga mampu memberikan pandangan pengetahuan kepada generasi muda (pelajar dan mahasiswa) dan masyarakat tentang manfaat perlindungan hutan sekitarnya,'' tambahnya.

Pengambilan lokasi di Dumai, tambahnya, karena Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat kondisinya memerlukan sikap peduli dan langkah pelestarian yang serius untuk mencegah terjadinya kerusakan yang kritis.

''Selain itu kita juga ingin melalui Pekan Penghijauan ini dapat mengembalikan fungsi hutan di sekitar Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai. Dengan adanya reboisasi akan memberikan perlindungan hutan bagi masyarakat, serta diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar ekologi, maupun botani yang mana nantinya akan diterapkan dalam penelitian di lapangan,'' jelasnya. (rls)