RENGAT, GORIAU.COM - Drainase Jalan Lintas Timur Pematang Reba, tepatnya di depan RSUD Indrasari Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tersumbat, akibatnya setiap kali hujan, air bah lansung menggenangi ruko dan pemukiman warga yang ada di daerah itu.

"Setiap kali hujan deras, kami selalu direpotkan oleh air bah, karena drainase yang ada tidak mampu menampung volume air, akibatnya air tersebut meluap ke halaman rumah dan bahkan masuk kedalam rumah", ujar salah seorang warga, Herman, Minggu (23/11/2014).

Tidak hanya itu, sebut Herman, selain kecil, drainase tersebut juga telah tersumbat oleh sampah dan tanah. Hal ini telah berlangsung lama, namun tidak ada tanggapan dari instansi terkait dalam hal ini dinas PU Inhu.

"Dibilang tidak tahu, tak mungkin, apa lagi lokasinya masih diseputaran Kelurahan Pematang Reba yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Inhu. Dengan demikian, kita minta dinas PU Inhu untuk dapat memperbaiki drainase tersebut", tukasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ita. Setiap kali kali hujan, dirinya harus mengepel teras rumahnya yang berlumpur setelah digenangi air. "Inilah penderitaan yang kami alami setiap kali hujan deras, kami harus mengepel sisa lumpur yang tersisa. Begitulah seterusnya", keluh Ita.

Pantauan, GoRiau.com, saat hujan mengguyur daerah itu, tak menunggu lama, air bah langsung menggenangi halaman Ruko dan rumah warga, bahkan beberapa rumah yang letaknya rendah dari bahu jalan, dimasuki air bah tersebut.(jef)