SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (2/10/2014) pagi menggelar kegiatan bersih pantai. Kegiatan ini melibatkan banyak pihak.

Kepala DKP Kepulauan Meranti, Askandar, mengatakan kegiatan bersih pantai ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Diharapkan kedepannya masyarakat akan sadar sehingga tidak membuang sampah ke laut.
"Kondisi pantai kita sudah sangat parah. Kita harap masyarakat tidak lagi membuang sampah ke laut. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan," kata Askandar ketika ditemui usai operasi bersih pantai.
Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Masrul Kasmy, melihat program bersih pantai ini hanya sebagai perangsang animo masyarakat. Ia menyadari betul bahwa kegiatan 1 hari ini tidak akan mungkin merubah 364 hari lainnya.
"Kegiatan ini hanya untuk merangsang animo masyarakat. Satu hari bersih pantai ini tidak akan mungkin merubah kondisi," kata Masrul.
Pantauan pagi itu, beberapa sampan dikerahkan untuk menyisiri perairan selat air hitam mulai dari DKP sampai ke Sungai Juling. Sampah-sampah yang sudah terkumpul diletakkan di darat untuk kemudian diangkut oleh mobil dan bajaj kebersihan.
Dalam operasi bersih pantai ini, DKP Meranti melibatkan banyak pihak, dari kepolisian, TNI, dan beberapa pihak lainnya.(zal)