PEKANBARU, GORIAU.COM - Kementerian Lingkungan Hidup BEM Universitas Riau (Unri) berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan promosi paket ekowisata cagar biosfer riau yang dibuka hari ini, Sabtu (22/11/2014) di kantor Disbudpar Riau, Jalan Sudirman. Kegiatan yang dimulai pukul 9.40 Wib ini dbuka secara resmi oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Riau Said Syarifuddin dan akan berakhir Senin (24/11/2014).

Acara dipantu oleh Dr Haris Gunawan dari PSB Lemlit Unri ini dihadiri oleh 40 peserta.

''Promosi paket ekowisata ini merupakan kerjasama antara LIPI, Unri, BKSDA dan Disbudpar Provinsi Riau,'' ujar Kadisbudpar saat menyampaikan kata sambutan pada pembukaan acara.

''Potensi ekowisata Provinsi Riau sebenarnya tidak kalah dengan Sumbar dan Sumut yang banyak gunung, hanya saja kurang terekspos,'' imbuhnya.

Said juga menyatakan bahwa Riau bukan hanya sekedar eksportir asap setiap tahun, namun juga eksportir udara segar untuk planet bumi setiap detiknya.

''Dugaan sementara Cagar Biosfer di Giam Siak Kecil ini adalah lahan gambut terdalam di dunia, mungkin mencapai 17 meter, namun sejauh ini, dari hasil penelitian saya, kedalamannya mencapai 10 meter, sekarang saya masih melakukan penelitian lanjutan,'' papar Dr. Haris

''Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa karena kami juga harus tanggap dengan isuiisu lingkungan di Provinsi Riau dan kami memprioritaskan untuk cepat tanggap terhadap masalah kabut asap dan karhutla,'' ujar Wanda Syahrian yang merupakan Dirjen Lingkungan Hidup BEM Unri ini.

''Saya dituntut untuk tidak sekedar memahami permasalahan hilir yaitu kabut asap, namun juga harus memperluas wawasan pada sektor hulu berupa masalah hukum, perizinan, lahan gambut dan hutan,'' tambahnya.

Arif, Menteri Lingkungan Hidup BEM. Unri mengatakan, peserta promosi ini sebenarnya dipilih secara acak dari berbagai komunitas di Provinsi Riau, namun melihat komitmen BEM Unri membantu pemerintah provinsi dalam menuntaskan permasalahan Karhutla, makanya Unri diminta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. (rls)