TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bukan rahasia umum lagi, Tembilahan dan sampah sudah seperti dua sisi mata uang yang sulit dipisahkan, berbagai cara sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk mengatasi sampah di Tembilahan, namun hingga saat ini dimana-mana masih banyak sampah yang bertaburan.

Disetiap ujung jalan, terutama yang paling parah tumpukan sampah yang dapat dilihat setiap hari seperti di Jalan M Boya tepat di depan SDN 004 Tembilahan dan Jalan Sudirman di depan SDN 001. Padahal 2 jalan tersebut adalah jalan yang paling banyak dilalui masyarakat setiap harinya.

Tidak hanya di jalanan, di Sungai Indragiri pun tidak luput dari tempat tinggal sampah, dan yang paling mudah ditemui tumpukan sampah terbanyak adalah di bawah pasar terapung Tembilahan.

Pemkab berpendapat telah melakukan segala cara seperti menyediakan tempat sampah dan menambah jadwal pengangkutan namun hal tersebut tidak kunjung membuat Tembilahan terbebas dari sampah.

Untuk itu, Pemkab kemudian membuat gagasan terbaru dengan membentuk tim pengelola sampah, yang terdiri dari warga dari setiap RT di wilayah Tembilahan dan Tembilahan Hulu serta seluruh organisasi masyarakat, pelajar juga mahasiswa.

''Rapat ini adalah kegiatan awal untuk pencanangan gerakan kebersihan kota, dimana masyarakat kita libatkan didalamnya.Pencanangannya akan dilakukan pada upacara akbar 2 minggu kedepan,'' kata Asisten II Setda Inhil, Fauzan Hamid kepada GoRiau.com, usai memimpin rapat Koordinasi pengelolaan persampahan perkotaan bersama camat dan lurah se Kota Tembilahan dan Tembilahan Hulu, Jumat (22/8/2014) di Kantor Bupati Inhil.

Lurah dikawasan Tembilahan dan Tembilahan Hulu yang nantinya merekrut warga yang diambil dari setiap RT yang kemudian dibentuk menjadi tim penggerak kebersihan tingkat kelurahan, dimana sasaran dari tim ini adalah mewujudkan Tembilahan yang bersih.

''Ini diharapkan jadi garda terdepan dalam meningkatkan pengelolaan persampahan di Tembilahan,sehingga pewujudan kota Tembilahan yang bersih itu secara bertahap dapat direalisasikan,'' ujar Fauzan.(ayu)