PEKANBARU, GORIAU.COM - Saat memimpin apel pagi, Senin (14/4/2014), Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun menambah tugas seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemprov Riau agar selalu menyampaikan kepada masyarakat bahwa Mei-September 2014 diprediksi akan terjadi kemarau kering.

Untuk itu, Gubri mengimbau agar PNS ikut membantu pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya kembali kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Karena dijelaskannya, kemarau yang akan melanda Riau pada rentang waktu tersebut cukup parah.

"Mei-September diprediksi memasuki kemarau kering. Semua pegawai harus membantu dalam artian memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan pembakaran hutan dan lahan," imbau Gubri.

Karena lagi-lagi dikatakan Gubri, sangat banyak dampak kerugian yang ditimbulkan akibat kebaran ladang yang terjadi seperti pada Februari-Maret lalu. Mulai dari kerugian materi, timbulnya banyak penyakit, anak-anak sekolah diliburkan dan lainnya.

"Jadi bantu memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam upaya antisipasi kembali terjadinya kebakaran. Kerugiannya sudah jelas, banyak aktivitas yang tidak berjalan," papar Gubri.***