PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun membuka secara resmi membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Ekoregion Sumatera 2014, di Ruang Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, 21-22 April 2014.

Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri langsung Menteri Lingkungan Hidup, Baltashar Kambuaya. Gubri berterima kasih karena Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup memilih Riau sebagai tuan rumah pelaksana rapat koordinasi ini.

Karena berangkat dari musibah yang melanda Riau lebih kurang satu bulan yang lalu, Pemerintah Pusat sangat layak melaksanakannya di Riau. "Karena nantinya juga akan ada diskusi mengenai antisipasi bencana kebakaran di Riau," kata Gubri dalam sambutannya.

Dipaparkan Gubri, bencana yang menimpa Riau beberapa waktu lalu sangat memperburuk beberapa kondisi di lapangan. Mulai lumpuhnya aktivitas masyarakat ekonomi menengah ke bawah, anak sekolah diliburkan hingga timbulnya banyak penyakit.

Rapat Koordinasi tersebut bertemakan Evaluasi Sinergitas Pemantapan Pencapaian Penurunan Beban Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di Sumatera tahun 2014.

Gubri berharap Pemerintah Pusat bisa memberikan solusi bagi Riau untuk penanganan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga telah memprogramkan antisipasi karhutla tersebut.

Diantaranya merealisasikan petugas sebanyak 5 orang di masing-masing desa, kemudian mereka dilengkapi dengan fasilitas pendukung sebagai tim pemadam. "Semua akan kita laksanakan pada APBD Perubahan tahun ini," tukasnya.***