TELUK KUANTAN, GORIAU.COM- Ada-ada saja modus penipuan jelang lebaran ini. Mulai dari belanja Online hingga mengatasnamakan orang yang berpengaruh di suatu daerah. Seperti kasus di Kuantan Singingi ini, dimana nama Kapolres Kuansing AKBP Bayuaji Irawan dicatut oleh orang tak dikenal melalui pesan singkat (SMS). SMS tersebut diterima salah satu pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singisi, Jumat (25/7/2014) siang.



Pesan singkat yang mengatasnamakan AKBP Bayuaji Irawan ini dikirim melalui nomor 082136132222. Dalam SMS pertama isinya "YTH : ( nama salah satu pejabat lengkap dengan jabatannya yang enggan namanya) Maaf atas waktunya Pak.Ini saya AKBP Bayuaji Irawan,SH, S.IK, Terimakasih.

Kemudian pejabat yang menerima sms ini sempat membalas, dan SMS kedua yang dikirim nomor yang sama "Siap pak Kabid.. Saya kirim aja rek ajudan pak. sudah arah ke mall pakanbaru saya dengan anak/istri".

Selanjutnya SMS yang ketiga masuk dari nomor yang sama isinya "Rek ajudan dikirim pak.DANAMON : 3579405048An : Bripda pol Jermias Rontini,".

Tak langsung percaya, setelah nomor yang dilihat berbeda dengan nomor yang digunakan Kapolres Kuansing. Pejabat ini langsung menghubungi Kapolres. Namun Kapolres cukup terkejut karena dirinya tidak pernah mengirim SMS. Bahkan nomor yang mengirim SMS juga tidak sama dengan nomor yang digunakannya.

"Itu bukan nomor HP saya pak, jangan mudah percaya, ini ada orang yang menjual nama saya,"katanya.

Kapolres Kuansing AKBP Bayuaji Irawan Sabtu (26/7/2014) mengatakan, kalau sekarang banyak penipuan dilakukan melalui pesan singkat SMS dengan menjual nama seseorang.

"Saya sudah sampaikan kalau ada SMS yang masuk jangan mudah percaya, bisa jadi itu penipuan dengan menjual nama seseorang,"katanya.

Kepada masyarakat Kuansing dirinya juga mengingatkan selalu hati-hati dan jangan cepat percaya kalau ada sms yang mengatasnamakan seseorang, apalagi itu pejabat publik. "Kita masih melacak nomor ini. Kalau nanti tertangkap, pelaku yang mengirim sms ini bisa dipidanakan, karena telah melakukan pencemaran nama baik," tegasnya.(***)