TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Jalur Tuah Kalojengking Muda Indragiri dari Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) keluar sebagai pemenang iven pacu jalur di Tepian Lubuok Sobae Baserah, Minggu (16/8/2015) sore.

Kemenangan itu ia raih setelah mengalahkan jalur Meriam Onggang Parau dari Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) di putaran final.

Dalam perpacuan penuh gengsi ini, Kalojengking berada di jalan sebelah kiri. Sementara, Onggang Parau berada di jalan sebelah kanan. Dari jalan perpacuan, Kalojengking mulai meninggalkan Onggang Parau di pancang awal.

Kemenangan di pancang awal terus dipertahankan Kalojengking hingga pancang finis. Ketika jalur Kalojengking memasuki garis finis, Onggang Parau karam dan beberapa orang pemacunya pingsan.

Perebutan posisi tiga dan empat tak kalah seru. Dimana jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Pulau Madina, Kuantan Hilir berhadapan dengan Ombak Nyalo Simutu Olang dari Pulau Tengah, Pangean.

Dari jalannya perpacuan, kedua jalur berusaha untuk saling mendahului. Namun, kedua buah jalur tetap imbang sampai ke pancang pemisah ke-5.

Namun, memasuki garis finis, Ombak Nyalo yang berada di jalan sebelah kanan berhasil meninggalkan haluan dari Pulau Laghe. Dengan demikian, Pulau Laghe mendapat juara ke-4.

Berikut peringkat juara Pacu Jalur di Tepian Lubuok Sobae Baserah

1. Tuah Kalojengking Muda Indragiri

2. Meriam Onggang Parau

3. Ombak Nyalo Simutu Olang

4. Pulau Laghe Mandulang Untuang

5. Raja Laut

6. Toduang Bakotat Bunga Kirana

7. Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo

8. Panah Ombak Sutan Indragiri

9. Jitu Kuantan

10. Cahaya Baru.(***)