TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H. Sukarmis menyatakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tidak hanya mencari yang terbaik untuk mewakili Kuansing pada MTQ tingkat provinsi di Siak bulan Oktober mendatang.

"Tapi, MTQ ini harus menjadi momentum dalam menciptakan generasi Qur'ani, generasi yang akan melanjutkan Kuansing dimasa mendatang," ujar Sukarmis, Kamis (3/9/2015) sore di Kotorajo, Kecamatan Kuantan Hilir Sebrang (KHS).

Pada tahun ini, MTQ XIV tahun 2015 tingkat kabupaten dilaksanakan di KHS. Dimana, ada 502 kafilah yang menjadi peserta, berasal dari 15 kecamatan di Kuansing.

Menurut Sukarmis, Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang terkandung petunjuk, penuntun kehidupan manusia.

"Jika demikian, maka generasi Kuansing harus termotivasi untuk mempelajari, memahami dan mengaplikasikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari," ujar Sukarmis.

Sukarmis berharap generasi mendatang tetap berpegang teguh kepada Alquran. Sehingga semakin mantap dalam menghadapi masa depan.

Di dalam Alquran, lanjut Sukarmis, terdapat tuntunan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan pribadi, bertetangga, bermasyarakat dan bernegara.

"Ketika kita mempunyai perilaku yang baik, maka karunia akan tercurah untuk kita semua," ujar Sukarmis. Selain itu, Sukarmis berharap MTQ XIV ini mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat Kuansing.(***)