TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Selama dua periode menjabat sebagai Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), H. Sukarmis telah membawa perubahan besar untuk dunia kesehatan. Kebijakan yang dibuat Sukarmis diraskan langsung oleh masyarakat, seperti berobat gratis.

"Saya masih ingat, tahun 2006, awal-awal Pak Sukarmis menjadi bupati dan saya masih staf di Dinas Kesehatan. Beliau langsung melauncing berobat gratis dengan bentuk Jamkesda," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Reza Tjahyadi saat Halal bi Halal antara keluarga kesehatan Kuansing dan bupati di Gedung Abdoer Ra'oef Telukkuantan, Kamis (30/7/2015).

Jamkesda yang diluncurkan Sukarmis, lanjut Reza, sudah diintegrasikan dengan BPJS pada tahun ini. Keberadaan Jamkesda merupakan komitmen bupati peduli terhadap masyarakat, terutama yang tak mampu.

Di bidang pembangunan, masih kata Reza, pada tahun 2006 hanya ada 14 UPTD di Kuansing. Namun, pada tahun 2015 ini sudah ada 24 UPTD Kesehatan dan sebagian besar merupakan Puskesmas rawat inap.

"Peningkatan ini cukup baik, wajar saja bila Kemenkes memuji komitmen dari H. Sukarmis dalam memperhatikan dunia kesehatan di Kuansing," ujar Reza.

Tidak hanya itu, kasus angka kematian bayi dan ibu juga menurun drastis dalam 10 tahun terakhir. "Keberhasilan ini tidak terlepas dari setiap kebijakan yang diambil oleh bupati.

"Untuk itu, kita mengucapkan ribuan terimakasih yang tak terhingga kepada H. Sukarmis," pungkas Reza.(***)