TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Sekdakab Kuansing H Muharman memimpin acara pelepasan 143 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Kuansing, bertempat di Masjid Agung Teluk Kuantan, Kelurahan Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah, Minggu (31/8/2014).

Para JCH Kuansing berangkat dari Masjid Agung Teluk Kuantan sekitar pukul 10.00 WIB. menggunakan lima bus menuju Pekanbaru dan tiba di Pekanbaru sekitar pukul 16.00 WIB dan menginap di hotel Grand Elite Pekanbaru.

Dari 143 jumlah JCH Kuansing, termasuk Bupati Kuansing Sukarmis yang berangkat tahun ini menunaikan ibadah rukun Islam yang kelima tersebut. Ini merupakan keberangkatan ketigakalinya Bupati naik haji.

Sementara rincian jumlah JCH yang berangkat diantaranya 78 JCH perempuan dan 65 JCH laki-laki. Dalam sambutannya Sekda Muharman mengatakan, pelaksanaan ibadah haji merupakan suatu kewajiban umat muslim yang sudah mampu. "Oleh sebab itu bagi umat muslim yang sudah mampu, baik kemampuan ekonomi kemampuan mental dan kesehatannya maka wajib baginya melaksanakan ibada haji," kata Sekda.

"Kita berharap para JCH kita selama berada di tanah suci dalam kondisi sehat selama menjalani ibadah haji. Juga kita mendoakan agar JCH kita selamat sampai ke tujuan dan selamat sampai pulang ke kampung halaman nantinya. Semoga menjadi haji yang mabrur nantinya," katanya mendoakan.

JCH Kuansing berada di kloter 2 dan akan berangkat ke tanah suci pada Selasa (2/9) melalui Bandara Hang Nadim Batam. Senin, para JCH bertolak menuju Batam.tlk