BASERAH, GORIAU.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) mengapresiasi pelaksanaan Pacu Jalur rayon III Kecamatan Kuantan Hilir di Tepian Lubuk Sobae Baserah yang dilangsungkan hari ini (7/8/2014) hingga dua hari ke depan. Ia sangat bangga, dikarenakan budaya leluhur masih lestari hingga saat ini.

Ucapan apresiasi dan bangga tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing, Drs. Muharman, MPd, saat memberikan arahan sebelum pembukaan Pacu Jalur dan Pesta Rakyat Kuantan.

Berkat kerja keras dan kekompakan masyarakat, kata Muharman, acara ini dapat terselenggara dengan lancar dan sukses hingga selesai. "Kami sangat mengapresiasi tekad masyarakat yang begitu menginginkan kesuksesan ivent tahunan ini," ujarnya.

Kedatangan Muharman beserta rombongan disambut dengan tari persembahan yang dari Dewan Kesenian Kecamatan Kuantan Hilir. Selain tari persembahan, Muharman juga disuguhkan tarian 'Ma elo Jaluar', persembahan dari Basogha Art Culture community.

Mendapat sambutan hangat itu, Muharman memberi apresiasi, sebab ia menilai hal seperti itu jarang dilakukan. "Kalau ada lomba tari tingkat Kabupaten, saya yakin anda pemenangnya," puji Muharman diiringi tepuk tangan pengunjung.

Dikatakan Muharman, sebelum pelaksanaan Pacu Jalur Nasional, terlebih dahulu dilakukan Pacu Jalur tingkat kecamatan. Untuk tahun 2014, Pacu Jalur tingkat kecamatan dibagi menjadi empat rayon, dimana rayon I diadakan di Kecamatan Hulu Kuantan, rayon II di Cerenti, rayon III di Kuantan Hilir dan rayon IV di Kuantan Tengah.

"Setelah pelaksanaan pacu tingkat kecamatan, barulah akan dilaksanakan Pacu Jalur tingkat nasional di Kota Teluk Kuantan, tepatnya Tepian Narosa," ujar Muharman.

Muharman berharap, Pacu Jalur mampu memompa semangat kebersamaan masyarakat untuk membangun dan memajukan Kabupaten Kuansing. "Dukungan dari masyarakat sangat perlu dalam kemajuan daerah ini," katanya.

Sebelumnya, Pacu Jalur di Tepian Lubuok Sobae Baserah rencananya akan dibuka secara langsung oleh Bupati Sukarmis. Namun, karena ada sesuatu dan lain hal, beliau mewakilkan ke Muharman. "Di waktu yang sama, Bupati berada di Jakarta," katanya.(san)