TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Pacu Jalur yang terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) memiliki daya pikat tersendiri. Dimana, keberadaannya mampu mengalahkan hal yang sangat mendasar, seperti kebutuhan pokok.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kuansing, Muharman saat membuka pacu jalur rayon III di Tepian Pincuran Sakti Kecamatan Benai, Senin (3/8/2015).

"Lagunya sudah barabara berebere, walau tak ada duit pembeli beras dan cabe, tetap nonton pacu jalur. Begitulah uniknya pacu jalur ini," ujar Muharman.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra didampingi Adam dan Komperensi, Kapolres Kuansing AKBP Edy Sumardi, SIk serta kepala dinas, badan dan satuan di lingkungan Pemkab Kuansing.

Dikatakan Muharman, Pacu Jalur sudah ada sejak dahulu kala. Di sana terdapat seluruh seni dan kekompakan diperlukan untuk mencapai kemenangan.

"Meski sudah lama, daya pikat pacu jalur ini tidak pernah luntur. Masyarakat sangat menanti-nanti momen ini," ujar Muharman.

Ia berharap, pelaksanaan Pacu Jalur dua hari ke depan mampu menghidupkan perekonomian masyarakat. "Dari segi ekonomi, harus mampu mengangkat perekonomian."

"Terlebih dari itu, pacu jalur harus bisa mempererat tali silaturahmi dan bersatu dalam membangun Kuansing," harap Muharman.(***)