TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Dari 40 perusahaan yang menghadiri undangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing) kemaren, hanya sebagian kecil yang membuka lowongan kerja (Loker). Kendati demikian, DPRD tetap mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang membuka loker.

Salah satunya perusahaan yang bergerak di bidang kertas, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Dimana, untuk tahun ini sedang dibutuhkan sekitar 200-an tenaga kerja 'own labour'.

"Karyawan yang dipekerjakan dibawah kontraktor RAPP. Seluruh estate di Kuansing, membutuhkan karyawan ini," ujar ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, Selasa (26/5/2015).

Seperti PT RAPP, PTPN V yang memiliki kebun di Cerenti juga membutuhkan tenaga kerja sebanyak 16 orang. Namun, kebutuhan tersebut diproyeksikan untuk tahun 2016 mendatang.

"Silahkan antar langsung lamaran ke kantor pusat, di Jalan Rambutan Pekanbaru," ujar Andi.

Sementara, PT Surya Agrolika Reksa (SAR) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit membutuhkan tenaga kerja sekitar 60 orang. Perekrutan tersebut akan dilakukan setelah lebaran Idul Fitri nanti.

"Ternyata, banyak lowongan kerja yang tidak diketahui masyarakat. Sekarang kita sudah tahu, untuk itu mari kita rebut peluang ini," ucap Andi.

Berbeda halnya dengan bank yang ada di Kuansing, rata-rata memberikan jawaban merekrut tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan situasi. "Kalau bank, mereka merekrut kapan dibutuhkan, jadi coba saja masukkan lamaran," pungkas Andi.(ndi)