TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Satu per satu warga Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mulai 'berjatuhan' akibat kabut asap yang tak kunjung reda. Setidaknya, sudah 18 bayi dan anak-anak yang mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Telukkuantan.

"Sampai saat ini, sudah 18 bayi dan anak-anak yang mendapat perawatan intensif di RSUD," ujar Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan (Diskes) Kuansing, dr. Detri Elvira kepada GoRiau.com, Selasa (6/10/2015) malam di Telukkuantan.

Dikatakan Detri, pada hari ini ada beberapa bayi yang masuk ruangan ICU dan harus diberi bantuan pernapasan.

"Tadi ada bayi yang berumur 11 bulan yang terkena dampak kabut asap. Yang kena tak dia sendiri, malahan abang sama ibunya juga kena," ujar Detri.

"Tidak hanya anak-anak yang kena, ibu-ibu juga ada yang masuk ruangan ICU. Alhamdulillah, seluruh pasien sudah mulai membaik setelah mendapat perawatan di RSUD," ujar Detri.

Untuk seluruh masyarakat Kuansing, Detri mengingatkan agar segera datang ke rumah sakit atau puskesmas jika sudah terserang gejala ISPA. "Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk."

"Kita tidak ingin, peristiwa yang terjadi di Pekanbaru, adanya jiwa yang direnggut asap terjadi di Kuansing," tutup Detri.(***)